Tuesday, August 23, 2016

Museum Angkut Batu Malang Yang Spektakuler


Image result
Museum angkut di Batu Malang, ya, kali ini museum inilah yang akan menjadi bahasan dari wisatalicious.com. Ah, Cuma museum… apakah itu komentar sobat licious saat mendengarnya? Itu karena sobat belum tahu bahawa museum angkut di Batu Malang yang satu ini berbeda dari kebanyakan museum yang membosankan. Museum angkut di Batu Malang memberikan konsep yang segar dan menyenangkan.
Museum angkut atau kadang orang salah menyebut museum angkot atau juga kadang disebut musium angkut ( biar berkesan klasik ) merupakan salah satu objek wisata yang pantas sobat kunjungi bersama teman atau keluaga saat sobat berlibur atau mengambil paket tour di kota Batu. Museum ini baru dibuka 9 Maret 2014 tahun lalu dan kian lama nama museum angkut ini memang semakin terkenal karena memang menyediakan atraksi wisata yang menggabungkan antara sejarah dan hiburan yang menarik. Seperti namanya, museum angkut ini berisikan kendaraan-kendaraan yang ada dari zaman dahulu yang sering digunakan orang untuk bepergian dari beragam tempat dan Negara. Dengan konsep sebuah lingkuangan yang dibuat menyerupai Negara asli kendaraan tersebut berasal membuat menikmati saat tamasya di museum angkut ini berkesan.

Alamat, Lokasi, dan Letak Museum Angkut Batu Malang

Soal letak museum angkut tentu saja di kota wisata Batu Malang di Jawa Timur. Tepatnya alamat dari museum angkut ini berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang. Untuk mencari lokasi Musium Angkut ini bisa ditempuh dengan berkendara montor roda dua maupun roda empat.
Sobat juga bisa melakukan perjalanan dengan alat transportasi umum dari Malang, dengan menaiki rute Stasiun Malang – naik angkutan umum – turun di Terminal Landung Sari – naik bus Puspa jurusan Jombang – turun di Museum Angkut.
Kota Batu Malang adalah tempat yang menyenangkan sobat, kalaupun sobat sedikit tersesat di kota ini, sobat malah bisa menjadikannya sebuah pengalaman yang menarik.
Museum Angkut Batu Malang
Tiket Masuk Museum Angkut
Memasuki gerbang masuk area Museum Angkut, sobat akan melihat Pasar Apung di sebelah kanan dan replika jet tempur di sebelah kiri. Sampai di lokasi wisata museum angkut sobat akan harus antri untuk membeli tiket. Memang wisatawan cukup antusias untuk melihat museum yang relative masih baru ini, jadi sobat harus sabar. Jam buka museum angkut Malang ini mulai dari pukul 12.00 – 20.00.
Soal tiket, memang bagi sebagian orang harga tiketnya dianggap cukup mahal. Tiket masuk untuk hari biasa, yaitu Senin – Kamis : Rp60.000. Sedang tiket masuk saat akhir pekan (Jum’at – Minggu), tanggal merah, liburan : Rp80.000 per orang. Sobat juga harus membayar uang Rp30.000 bila membawa kamera.
Namun satu hal yang pasti, saat sudah masuk ke dalam, sobat tidak akan kecewa. Museum angkut di kota Batu Malang ini akan memberikan saat-saat liburan yang berkesan untuk sobat.

Bertamasya Di Museum Angkut Malang

Luas dari museum angkut ini adalah 3 hektar dan koleksi museum berada di dalam bangunan yang bertingkat 3. Saat sobat sudah memasuki area dalam museum sobat akan mulai merasakan sensasinya. Sesuai namanya, museum angkut ini merupakan sebuah museum transportasi yang mempertontonkan koleksi alat transportasi yang sangat beragam jenisnya. Jika sobat licious adalah seorang penggemar otomotif, tentu museum yang satu ini ibarat surga.
Beragam jenis kendaraan dari yang paling keren samapai yang paling aneh ada di sini. Yang lebih menarik tentu saja konsep ruangan dan penataan kendaraan yang digambarkan menyerupai tempat aslinya. Wow, serasa berada di sebuah film.
Koleksi Museum Angkut Batu juga ada yang merupakan kendaraan dari Indonesia. Mulai dari perahu, sepeda onthel, dokar, pedati, dan becak,hingga kapal terbang dan kapal laut. Koleksi museum ini juga beragam mulai dari yang original, modifikasi hingga replika.

Zona-Zona Museum Angkut

Museum angkut dibagi menjadi beberapa zona yang disesuaikan dengan tema kendaraan yang ada. Masing-masing zona akan memberikan pengalaman yang berbeda dan berkesan.
Mobil Di Museum Angkut Batu Malang
Zona Hall Utama
Inilah zona pertama saat sobat memasuki museum angkut. Suasana megah akan langsung terasa saat sobat melihat koleksi alat angkut yang populer dari berbagai penjuru tempat dan negara dari waktu ke waktu.
Zona Edukasi
Sesuai namanya, zona ini menitik beratkan pada informasi tentang alat angkutan di Indonesia dan dunia. Ini merupakan tempat yang menarik bagi sobat penyuka sejarah otomotif.
Salah satu koleksi andalan di zona ini adalah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.
Zona Sunda Kelapa & Batavia
Di zona Museum Angkut yang ini sobat akan dibawa ke Jakarta temoe doeloe saat masih bernama Batavia. Suasana di pelabuhan saat pendudukan Belanda, khususnya Menara Syahbandar dengan berbagai jenis angkutan kala itu setidaknya memberikan gambaran kondisi alat transportasi saat itu.
Zona Gangster Town & Broadway Street
Ini merupakan salah satu zona favorit bagi pengunjung. Di sini, suasananya mirip dengan di dalam film gangster Amerika. Bagi sobat penyuka film, ini merupakan zona yang akan sangat membahagiakan.
gangster town Di Museum Angkut
Zona Jepang
Kita tahu ada beragam merk kendaraan asal jepang, dan semuanya disajikan dengan apik di zona ini.
Zona Eropa
Bisa juga disebut zona romantis, karena di sini, mobil-mobil asal eropa akan disajikan dengan konsep suasana saat malam di kota-kota Eropa, semisal Paris.
Zona Istana Buckingham
Tentu di sini sobat akan disajikan suasana Inggris yang kental.
Zona Las Vegas
Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati kehidupan malam di Las Vegas. Di museum angkut malang juga ada kok.
Zona Hollywood
Satu lagi zona bertema film. Di zona ini ada beragam koleksi mulai dari mobilnya Scooby Doo si anjing lucu, hingga Batmobile mobilnya pahlawan super Batman. Wowwwww….
batmobile Di Museum Angkut

Pasar Apung Di Museum Angkut

Keluar dari dalam bangunan museum angkut, sobat akan sampai di pasar apung. Satu hal yang harus sobat lakukan di sini adalah naik perahu berbiaya sewa Rp10.000.
Pasar Apung Di Museum Angkut
Sobat akan bisa menikmati suasana yang rileks dan menyenangkan ditambah berbagai macam makanan tradisional, mulai dari nasi timbel, gudeg, bakso, gado-gado, rujak cingur, pempek, sate madura, aneka minuman, susu segar, dan lainnya. Di tempat ini kamu juga bisa membeli oleh-oleh sebagai souvenir, karikatur, seni ukir, lukisan dan batik.
Menikmati Liburan Di Museum Angkut Batu Malang
Singkat kata, liburan di malang takkan lengkap bila belum ke museum angkut ini. Anak-anak, orang tua, remaja, semua akan bisa menikmati tamasya yang menyenangkan di museum angkut batu.
Jadi sobat berencana mengambil paket liburan ke Jawa Timur? Jika ke kota Surabaya datangi juga Museum Rokok House of Sampoerna. Dari Surabaya, sobat bisa langsung menuju Malang dan mengunjungi museum angkut untuk sebuah pengalaman wisata yang menyenangkan.

source : http://wisatalicious.com/museum-angkut-batu-malang-yang-spektakuler/

No comments:

Post a Comment