Tuesday, August 23, 2016

Museum Angkut Malang – Review, Jam Buka dan Harga Tiket

museum angkut malam buka jam

 Deskripsi Museum Angkut Malang
Museum Angkut Adalah sebuah tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema alat transportasi. Museum yang mulai dibuka untuk umum pada tanggal 9 Maret 2014 ini memiliki banyak koleksi moda transportasi dari yang masih tradisional alias belum menggunakan mesin seperti becak, pedati, dokar dan sepeda onthel hingga kendaraan yang sudah menggunakan tenaga listrik.
Tempat ini memang menarik dan unik. Selain dapat melihat berbagai koleksi kendaraan dari berbagai penjuru dunia dari yang tradisional hingga modern, kita juga dimanjakan dengan landmark atau bangunan khas sebuah negara sebagai latar belakang kendaraan yang diproduksi oleh negara tersebut, sehingga kita serasa berada di luar negeri. Jadi jika Anda hobi photografi maka rugi rasanya jika belum mengabadikan diri di Museum Angkut Malang ini. Museum Angkut juga seringkali dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai jenis pameran, kompetisi modifikasi mobil dan tidak jarang dijadikan lokasi foto prewedding dan pengambilan gambar video klip.
Total luas area Museum Angkut Malang ini sekitar 3.7 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona:
  1. Zona Hall UtamaDi ruangan ini terdapat berbagai koleksi alat angkut dari berbagai negara dan berbagai masa yang didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan elegan.
  2. Zona EdukasiSesuai misi visi Jawa Timur Park Group sebagai penggagas Wisata Edukasi, di zona seluas 900 m2 ini dapatkan informasi tentang sejarah berbagai angkutan dari masa ke masa baik di Indonesia maupun di dunia.
  3. Zona Sunda Kelapa & BataviaMasuk ke zona ini kita serasa ditarik kembali ke Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda. Temukan nuansa Batavia, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis angkutan di dalamnya.
  4. Zona Gangster Town & Broadway StreetDi zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970an  beraksi dan siap membawa anda terlibat di dunia gangster. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai model angkutan di dalamnya. Anda juga bisa berfoto dengan model Museum Angkut yang mengenakan kostum ala gengster.
  5. Zona EropaItaly, Perancis, Jerman, dan London yang merupakan kota tersohor di Eropa disajikan dalam nuansa malam dipadu dengan berbagai angkutan dari Eropa yang melengkapi situasi kota.
  6. Zona Istana BuckinghamInggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce serta mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham.
  7. Zona Las VegasNuansa Amerika yang akan mewarnai malam Anda dengan gerbang Las Vegas.
  8. Zona HollywoodDi Zona ini kalian akan menemukan berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood.
  9. Zona Flight TrainingDi lantai 3, Anda bisa belajar menjadi pilot di ruang cockpit pesawat yang telah dimodifikasi. Tapi untuk masuk ke sana, Anda harus membeli tiket boarding pass terlebih dahulu di kasir cafetaria yang berada di belakang ekor pesawat.
  10. Zona Pasar ApungBerbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada disini. Makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari sekaligus berinteraksi langsung dengan para seniman dan membawa hasil karya seni anda pulang ke rumah. Anda juga dapat menikmati naik perahu berkeliling rute kolam yang sudah disediakan dengan didayung secara manual oleh petugas yang berdandan ala nelayan tradisional.
  11. Zona D’topeng KingdomMuseum warisan budaya Indonesia. Penuh sensasi pesona dan kekayaan warisan bangsa Indonesia.

 Lokasi atau Alamat Museum Angkut
Alamat objek wisata Museum Angkut terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang. Jalan menuju objek wisata Museum Angkut ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun rute menuju objek wisata Museum Angkut:
  • Kendaraan Umum: apabila kita menggunakan kendaraan umum, dari arah manapun, pergilah ke terminal Batu > dari terminal Batu kita bisa menggunakan Angkutan berwarna merah jingga (jurusan Batu – Selecta – Sumberbrantas).
  • Kendaraan Pribadi: Jika Anda berangkat dari kota Malang, belok kiri di Jalan Imam Bonjol Bawah (sebelah kanan ada Matahari-Lippo Plaza) > Setelah sampai di depan Jatim Park 1, maka berjalanlah lurus terus hingga Anda menemui Museum Angkut yang berada di pojok perempatan lampu merah.

 Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Museum Angkut
  1. Jam BukaMuseum Angkut buka setiap hari dari jam 12:00 hingga 20:00 wib. Namun untuk loketnya sendiri sudah dibuka dari jam 11.00 dan sudah ditutup pada jam 19.30wib.
  2. Harga Tiket MasukSenin – Jumat (Weekdays) : Rp.70.000,-
    Sabtu – Minggu (Weekends) : Rp.80.000,-
    Tinggi badan 85 cm ke atas dikenakan tiket penuh. Jika ingin ke museum D Topeng, Anda hanya perlu menambah harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,-
    Selain harga tiket masuk, Anda juga diharuskan membeli tiket kamera seharga Rp.30.000,-/kamera jika membawa kamera berjenis DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dan sebagainya kecuali Handphone.

 Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati.
  • Melihat koleksi berbagai macam angkutan dari mulai yang masih tradisional hingga modern.
  • Berfoto dengan latar belakang landmark berbagai negara di luar negeri.
  • Jika datang pada hari Sabtu dan Minggu, Anda dapat menikmati parade superhero sekitar pada jam 17.00 mulai dari Batman, Superman, hingga Freddie yang menaiki mobil unik dan bisa diajak foto bareng.
  • Kemudian yang menarik dari museum Angkut ini adalah ada bagian permainan interaktif, yaitu dimana-anak-anak dapat naik mobil di dalam area pameran mobil.

 Fasilitas di Sekitar Objek Wisata Museum Angkut
  1. Hotel atau PenginapanAda banyak hotel atau penginapan di sekitar objek wisata Musem Angkut atau tempat lain di daerah Batu. Harganya pun sangat bervariatif. Jika Anda berasal dari luar kota dan berniat untuk menginap, sebaiknya bookinglah hotel secara online jauh-jauh hari untuk mendapatkan diskon hingga 60% dan juga untuk menghindari kehabisan kamar. Untuk melihat daftar hotel yang dekat dengan Museum Angkut beserta dengan harganya silahkan booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “batu malang“.
  2. Rumah MakanDi sekitar Museum Angkut Malang kita bisa menjumpai banyak rumah makan seperti the Batu Villas Resto, Ketan Legenda Batu dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan di dalam area Museum, kita bisa mendapati Warung Apung yang menjajakan makanan tradisional yang enak. Anda juga bisa naik sampan di sungainya, gratis kalau mendayung sendiri dan bayar 10 ribu per orang jika mau didayungkan.
  3. Toilet UmumDi dalam kawasan objek wisata Museum Angkut terdapat beberapa toilet umum.
  4. Tempat ParkirJika kita memakai kendaraan pribadi, di lokasi objek wisata Museum Angkut terdapat area parker cukup luas.
  5. Toko Souvenir atau Oleh-olehJika Anda ingin membeli souvenir atau oleh-oleh, maka Anda bisa datang ke stand makanan dan penjual pernak pernik di penghujung rute.
  6. Tempat IbadahSatu-satunya musholla yang bisa kita jumpai adalah di tempat parkir dan harus keluar dari area museum.

 Tips Berwisata di Objek Wisata Museum Angkut
  • Sebaiknya datang agak awal agar bisa mendapatkan tempat parkir yang lebih dekat dengan pintu masuk.
  • Jika berkunjung pada musim hujan, saya sarankan membawa payung, karena museum ini ada yang indoor ada juga yang outdoor.
  • Sebelum menuju lokasi ini, siapkan tenaga ekstra karena dibutuhkan tenaga lebih untuk menyusuri setiap sudutnya.
  • Di dalam museum areanya sangat luas, jadi bagi pengunjung wanita sebaiknya gunakan sepatu kets, dan jangan high heels.
  • Pihak pengelola melarang kita membawa makanan (kecuali makanan bayi) menyalakan api dan tentunya merokok dan membawa senjata tajam serta hewan peliharaan.
Demikianlah informasi seputar Review, Jam Buka dan Harga Tiket Museum Angkut Malang. Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan liketwit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi tempat hiburan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

source : http://wisatapedi.com/museum-angkut-malang-review-jam-buka-dan-harga-tiket/

No comments:

Post a Comment